Google+ Followers

Sabtu, 20 April 2013

SOAL DAN PEMBAHASAN VIRUS

1. Oleh para ahli, virus dianggap peralihan antara benda mati dan hidup. Jika virus dianggap sebagai benda hidup, hal ini disebabkan virus ….
A. dapat menyebabkan penyakit pada manusia
B. dapat diisolasi menjadi kristal
C. dapat memperbanyak diri pada sel hidup
D. merupakan molekul asam nukleat
E. dinding selnya terdiri dari protein
Pembahasan:
Ciri fisiologi dari makhluk hidup (organisme) antara lain adalah kemampuan untuk berkembang biak (reproduksi). Karena virus dapat memperbanyak diri walaupun hanya dalam sel hidup maka virus dapat dianggap sebagai makhluk hidup.
Ciri-ciri fisiologi dari makhluk hidup selain bereproduksi adalah sebagai berikut:
1). Respirasi (pernapasan), merupakan suatu proses pemecahan senyawa organik kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana dan menghasilkan sejumlah energi.
2). Nutrisi (mengolah zat makanan), makanan diperlukan oleh makhluk hidup untuk menyusun tubuh dan sebagian diubah untuk mendapatkan energi untuk aktivitas hidupnya.
3). Tumbuh dan berkembang. Pertumbuhan merupakan bertambahnya ukuran tubuh mahluk hidup akibat terjadinya pertambahan jumlah sel dan ukuran sel yang menyusun tubuh makhluk hidup. Sedangkan perkembangan merupakan suatu proses menuju tercapainya kedewasaan.
4). Ekskresi, merupakan proses pengeluaran zat-zat sisa metabolisme yang sudah tidak berguna bagi tubuh.
5). Transportasi, merupakan sistem pengangkutan zat-zat yang diedarkan oleh suatu sistem ke seluruh bagian tubuh.
6). Regulasi, merupakan sistem yang mengatur keserasian proses-proses yang berlangsung di dalam tubuh.
7). Iritabilitas, merupakan kemampua~ makhluk hidup untuk menangg~pi rangsangan.
Jawab: C
2. Organisme penyebab penyakit demam berdarah yang timbul di berbagai kota di Indonesia ialah ….
A. Aedes aegypti
B. Bakteri
C. Amoeba
D. Virus
E. Plasmodium
Pembahasan:
Penyakit demam berdarah atau dengue haemorrhagic fever (DHF) disebabkan oleh virus dengue. Virus dengue merupakan virus RNA dan dapat mengaglutinasi (menggumpalkan) sel darah merah. Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti sebagai vektornya. Hingga saat ini penyakit demam berdarah belum ditemukan vaksin dan obatnya.
Jawab: D
3. Tindakan yang tepat jika terserang influenza adalah ….
A. minum antibiotika
B. cukup istirahat
C. mengkonsumsi makanan bergizi
D. minum vitamin
E. jawaban B. C, dan D benar
Pembahasan:
Influenza adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan bagian atas. Gejalanya batuk, suhu tubuh meningkat, demam, dan nyeri otot. Penggunaan antibiotika tidak efektif untuk melawan penyakit ini, karena antibiotika hanya untuk mematikan bakteri.
Tindakan tepat yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga serangan virus tidak berlanjut. Caranya, dengan cukup istirahat, makan makanan bergizi dan mengonsumsi vitamin, terutama vitamin C, baik dari buah dan sayuran segar atau suplemen.
Jawab: E
4. Tindakan yang dapat kamu lakukan dengan teman atau kerabat yang telah didiagnosis sebagai ODHA (orang dengan HIV/AIDS) ialah ….
A. berjabat tangan
B. mencium pipi
C. bertukar sikat gigi
D. jawaban A dan B benar
E. jawaban B dan C benar
Pembahasan:
Penularan penyakit AIDS terjadi hanya jika terjadi kontak langsung dengan cairan tubuh ODHA. Kontak cairan tubuh ini misalnya melalui hubungan seksual dan darah ODHA. Kontak dengan darah dapat terjadi melalui jarum suntik yang digunakan bersama
ODHA, dari ibu ODHA diturunkan kepada bayi yang dikandungnya, atau menerima transfusi darah dari ODHA. Bertukar sikat gigi pun dapat beresiko menularkan AIDS karena pada saat menggosok gigi dapat saja terjadi luka pada gusi dan mengeluarkan darah. Dengan demikian, selama kulit kita tidak terluka dan ODHA juga tidak memiliki luka terbuka, berjabat tangan dan mencium pipi ODHA tidak akan menularkan AIDS.
Jawab: D
5. Berikut ini adalah peran virus yang dapat bermanfaat bagi manusia, kecuali ….
A. untuk menghasilkan vaksin
B. untuk membuat antitoksin
C. untuk melemahkan bakteri
D. untuk memperkuat bakteri
E. jawaban A dan B benar
Pembahasan:
Sebagian besar virus menyebabkan penyakit pada manusia, hewan dan tumbuhan. Walaupun demikian, virus dapat dimanfaatkan agar dapat berguna bagi manusia. Pemanfaatan ini dilakukan berdasarkan pengetahuan manusia tentang ciri-ciri, sifat, dan daur hidup virus. Misalnya, virus mengalami fase penggabungan dalam daur hidup lisogenik, yaitu DNA virus menyambungkan diri ke DNA bakteri yang diserangnya. Peristiwa ini dimanfaatkan untuk menghasilkan vaksin, antitoksin, dan melemahkan bakteri secara rekayasa genetika.
Untuk membuat antitoksin, DNA virus digabungkan dengan DNA manusia yang mengendalikan sintesis antitoksin. Selanjutnya, gen hasil gabungan tersebut disambungkan ke sel bakteri. Dengan demikian, sel bakteri tersebut mengandung gen manusia penghasil antitoksin. Bakteri ini dipelihara untuk menghasilkan antitoksin yang bermanfaat melawan penyakit manusia. Untuk melemahkan bakteri-bakteri patogen. Akibatnya, bakteri menjadi tidak berbahaya lagi. Untuk menghasilkan vaksin, virus dilemahkan schingga tidak bcrbahaya lagi bagi manusia. Jika vaksin ini diberikan pada manusia , tubuh manusia akan menghasilkan antibodi untuk melawan virus yang telah dilemahkan tersebut.
Jawab: D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar