Rabu, 27 Maret 2013

Klasifikasi Mahluk Hidup

 
Seperti kita ketahui, mahluk hidup di dunia ini banyak sekali ragam jenisnya. Perhatikan saja jenis hewan dan tumbuhan yang hidup di sekitar kita. Banyak sekali bukan? Nah, bagaimana kita dapat mempelajari mahluk hidup di sekitar kita? Tentunya akan sulit jika mahluk hidup yang beragam jenis tersebut tidak dikelompokkan. Itulah sebabnya  seorang ahli botani berkebangsaan Swedia yang dikenal dengan Carolus Linnaeus (1707-1778) melakukan klasifikasi mahluk hidup.
Klasifikasi mahluk hidup adalah pengelompokan mahluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri yang dimilikinya. Ilmu yang mempelajari tentang klasifikasi mahluk hidup disebut dengan Taksonomi.
Tujuan dari klasifikasi makhluk hidup adalah:
  • mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri-ciri yang dimiliki
  • mendeskripsikan ciri-ciri suatu jenis makhluk hidup untuk membedakannya dengan makhluk hidup dari jenis yang lain
  • mengetahui hubungan kekerabatan antarmakhluk hidup
  • memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanya
Berdasarkan tujuan tersebut, sistem klasifikasi makhluk hidup memiliki manfaat seperti berikut.
  • Memudahkan kita dalam mempelajari makhluk hidup yang sangat beraneka ragam.
  • Mengetahui hubungan kekerabatan antara makhluk hidup satu dengan yang lain.
Tahapan dalam klasifikasi mahluk hidup yang dilakukan oleh Linnaeus adalah sebagai berikut :
  1. Pencandraan atau identifikasi, yaitu proses mengidentifikasi atau mendeskripsikan ciri-ciri mahluk hidup yang akan diklasifikasi.
  2. Pengelompokan, yaitu mengelompokkan mahluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya.  Mahluk hidup yang mempunyai ciri-ciri yang sama dikelompokkan dalam satu kelompok yang sama yang disebut dengan takson.
  3. Pemberian nama takson. Mahluk hidup yang telah dikelompokkan tadi, selanjutnya diberi nama untuk mempermudah kita mengenal ciri-ciri suatu kelompok mahluk hidup tertentu.
Linnaeus memperkenalkan  hierarkki (tingkat) takson untuk mengelompokkan makhluk hidup. Hierarki (yang disebut takson) itu berturut-turut dari tingkatan tertinggi (umum) hingga terendah (spesifik) adalah :
  • Kingdom (kerajaan)
  • Phylum (Filum) untuk hewan, atau Divisio (Divisi) untuk tumbuhan
  • Classis (Kelas)
  • Ordo (Bangsa)
  • Familia(Keluarga/Suku)
  • Genus (Marga)
  • Spesies (Jenis)
Keterangan :
- Dari spesies menuju kingdom, takson semakin tinggi
- Semakin tinggi takson, jumlah organisme (makhluk hidup) semakin banyak
- Semakin tinggi takson, persamaan antar makhluk hidup semakin sedikit
- Semakin tinggi takson, perbedaan antar makhluk hidup semakin banyak
- Dari kingdom menuju spesies, takson semakin rendah
- Semakin rendah takson, jumlah organisme (makhluk hidup) semakin sedikit
- Semakin rendah takson, persamaan antar makhluk hidup semakin banyak
- Semakin rendah takson, perbedaan antar makhluk hidup semakin sedikit
Contoh klasifikasi tumbuhan Jeruk bali.
Gambar
Takson
Tumbuhan
 
Kingdom Plantae
Divisio Magnoliophyta
Class Magnoliopsida
Ordo Sapindales
Familia Rutaceae
Genus Citrus
Spesies Citrus grandis

KLAS VII SOAL - SOAL KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP

UJI KOMPETENSI

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar, dengan memberikan tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d!
1. Unit terkecil dari makhluk hidup disebut ….
            a. sel
            b. jaringan
            c. organ
            d. individu
2. Hewan yang terdiri dari satu sel disebut ….
           a. sel berjumlah satu
           b. hanya satu
           c. monoseluler
          d. diseluler
3. Tumbuhan bersel banyak disebut ….
          a. uniseluluer
          b. multiseluler
          c. jumlah banyak
          d. sel besar
4. Pernyataan yang benar mengenai sel adalah ….
          a. sel adalah makhluk hidup
          b. jaringan tidak dimiliki tumbuhan
          c. Hewan hanya memiliki organ
          d. sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup
5. Bagian sel berfungsi mengatur semua kegiatan yang dilakukan oleh sel disebut ….
          a. sitoplasma
          b. inti sel
          c. anak inti sel
          d. mebran sel
6. Bagian sel yang hanya terdapat pada tumbuhan adalah….
         a. plasma sel
         b. membran plasma
        c. dinding sel
        d. mitokondria
7. Jaringan pembuluh berfungsi untuk ….
       a. melapisi permukan tubuh
       b. membuat makanan
       c. menyokong tubuh
       d. mengangkut zat makanan
8. Tugas daun adalah sebagai berikut, kecuali ….
      a. transpirasi                c. pertukaran gas
      b. transportasi             d. fotosintesis
9. Organ pada tumbuhan yang berfungsi untuk pernafasan adalah ….
      a. stomata                   c. epidermis
      b. mesofil                    d. xilem
10. Organ tubuh manusia yang berfungsi untuk mengeluarkan air dan sisa metabolisme dari dalam tubuh adalah ….
      a. hati                          c. jantung
      b. ginjal                       d. pankreas
11. Bagian sel yang berfungsi untuk respirasi sel adalah ….
       a. mitokondria            c. rongga sel
       b. inti sel                    d. membran
12. Makhluk hidup yang termasuk uniseluler adalah….
         a. bakteri, amoeba, jamur
         b. cacing, jamur, bakteri
         c. serangga, cacing, bakteri
         d. amoeba, bakteri, ganggang biru
13. Organ yang berfungsi untuk memompa darah pada manusia adalah ….
         a. ginjal                   c. jantung
         b. hati                     d. paru–paru
14. Organ manusia yang paling berat tugasnya adalah ….
             a. hati                  c. otak
             b. ginjal               d. jantung
15. Di bawah ini yang tidak termasuk organ manusia adalah ….
            a. lambung, usus
            b. mata, telinga hidung
            c. jantung dan paru-paru
            d. epitel dan syaraf
16. Transpirasi pada tumbuhan hijau terjadi pada ….
            a. batang, akar
            b. batang, daun
            c. daun, akar
            d. batang daun, akar
17. Pengangkutan oksigen dan sari-sari makanan adalah fungsi .…
            a. pencernaan
            b. peredaran darah
            c. pernafasan
            d. syaraf
18. Pembuluh yang mengangkut hasil fotosintesis adalah pembuluh ….
            a. xylem
            b. floem
            c. pengangkutan
            d. respirometer
19. Tenggorokan adalah salah satu organ sistem ….
           a. pernafasan                   c. pengeluaran
           b. percernaan                  d. peredaran darah
20. Urutan organisasi kehidupan adalah ….
            a. sel – jaringan – organ – sistem organ – organisme
            b. organisme – sel – jaringan – sistem organ – organ
            c. organ – sistem organ – organisme – sel jaringan
            d. jaringan – sel – organ – sistem organ – organisme
21. Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk ….
           a. mempermudah pergenalan makhluk hidup
           b. memilih makhluk hidup yang dapat dimakan
           c. menentukan asau-usul makhluk hidup
           d. memberikan nama pada setiap makhluk hidup
22. Urutan takson yang paling tepat untuk tumbuhan adalah ….
           a) divisi – kelas – familia – genus – species
           b) divisi – familia – kelas – genus – species
           c) filum – kelas – familia – genus – species
           d) filum – falimia – kelas – genus – species
23. Nama ilmiah padi yaitu Oryza sativa. Kata oryza merupakan petunjuk nama ….
           a. genus                            c. kelas
           b. species                         d. familia
24. Dalam kelompok manakah jumlah individu lebih banyak?
           a. species                         c. kelas
           b. genus                           d. famili
25. Salah satu ciri khas yang membedakan ganggang dan jamur adalah …
           a. ganggang tak berklorofil
           b. jamur tak berklorofil
           c. jamur berklorofil
           d. ganggang bersel Satu.
26. Lumut kerak merupakan tumbuhan …
           a. hasil hidup bersama askomisetes dan ganggang
           b. berasal dari simbiosis antara jamur dan lumut
           c. gabungan antara jamur dan paku
           d. hasil hidup bersama 2 macam jamur
27. Tumbuhan yang memiliki bagian seperti akar, batang, dan daun yang berwarna hijau. Ke dalam kelompok manakah tumbuhan itu digolongkan ….
                  a. jamur
                  b. alga
                  c. tumbuhan paku
                  d. lumut
28. Bagian yang menghasilkan sel kelamin jantan pada tumbuhan paku adalah …
                 a. protalium                           c. anteriduim
                 b. archegonium                     d. sporogonium
29. Daun tumbuhan paku yang dapat menghasilkan spora disebut daun yang …
                 a. steril                                 c. besar
                 b. hidup                               d. fertil
30. Tumbuhan paku dapat hidup melekat pada pohon lain. Cara hidup seperti ini disebut …
                 a. epifit                                c. parasit
                 b. saprofit                           d. semi parasit
31. Berikut ini termasuk dalam kelompok tumbuhan tidak berpembuluh kecuali…
                a. ganggang                          c. lumut
                b. tumbuhan paku                d. jamur
32. Benang-benang halus berwarna putih yang terdapat pada cendawan adalah …
                a. spora
                b. rizoid
                c. sporangium
                d. hifa
33. Kelompok tumbuhan biji terbuka adalah …
               a. kacang tanah, jagung, jambu mete
               b. pakis haji, mlinjo, pinus
               c. kacang tanah, mlinjo, pinus
              d. pakis haji, jambu mete, jagung
34. Tumbuhan biji terbuka yang umumnya dijadikan tanaman hias adalah …
              a. pakis haji                           c. mlinjo
              b. tusam                                d. damar
35. Kerangka hewan berpori dapat dimanfaatkan untuk ….
              a. penggosok pakainan                   c. spons mandi
              b. pengosok kulit                           d. vas bunga
36. Burung termasuk hewan berdarah panas, artinya ….
              a. suhu tubuh mengikuti suhu lingkungan
              b. suhu tubuh lebih tinggi dari suhu lingkungan
              c. meskipun suhu lingkungan berubah, suhu tubuhnya tetap
              d. mempunyai kemampuan adaptasi terhadap lingkungan
37. Di antara hewan berikut yang rangkanya berupa rangka dalam adalah ….
             a. belalang dan kupu-kupu                      c. katak dan kadal
             b. lebah dan laba-laba                            d. kumbang dan kala
38. Pada waktu terbang burung lebih efektif bernafas dengan menggunakan ….
             a. paru-paru buku                                  c. pundi-pundi hawa
             b. insang dan paru-paru                         d. paru buku dan pundi hawa
39. Rhizopoda adalah hewan bersel satu yang bergerak dengan .…
            a. kaki semu                                           c. bulu getar
            b. kaki tabung                                        d. bulu cambuk
40. Proses pernafasan pada organisme disebut .…
                 a. ekspirasi                                       c. inpirasi
                 b. respirasi                                       d. ekresi
41. Alat pernafasan yang sesuai adalah .…
                a. ikan  - trakea
                b. katak -  insang
                c. burung -  paru-paru
                d. tikus  - trakea
42. Alat gerak ikan adalah .…
                a. insang
                b. sirip
                c. kaki
                d. badan
43. Jika tumbuhan putri malu disentuh daun akan mengatup maka tumbuhan ini melakukan .…
                  a. ekskresi
                  b. respirasi
                  c. iritabilita
                  d. reproduksi
44. Tumbuhan hijau mendapatkan makanan dari ….
                  a. orang lain
                  b. tumbuhan lain
                  c. hewan lain
                  d. memasak sendiri
45. Proses bertambah besar dan tidak dapat kembali ke semula disebut ….
                 a. pertumbuhan
                 b. perkembangan
                 c. berkembangbiak
                 d. regulasi
B. Isilah titik–titik di bawah ini!
1. Unit terkecil dari makhluk hidup disebut …..
2. Pembuluh xilem disebut ….
3. Jantung manusia disebut ….
4. Kumpulan dari jaringan–jaringan akan membentuk ….
5. Tempat sintesa protein dalam di dalam sel adalah ….
6. Cairan pada sel disebut ….
7. Rongga yang berfungsi sebagai alat pengeluaran disebut ….
8. Mitokondria berfungsi untuk ….
9. Kumpulan beberapa organ disebut ….
10. Hidung, tenggorokan, dan paru–paru disebut sistem ….
11. Pengelompokan makhluk hidup disebut dengan ….
12. Tingkatan takson paling rendah pada hewan adalah ….
13. Aturan penulisan species disebut sistem ….
14. Ganggang hijau mengandung zat ….
15. Perkembangbiakan secara kawin dan tak kawin pada lumut disebut ….
16. Penghasil spora pada tumbuhan paku disebut ….
17. Alga yang dapat digunakan untuk membuat agar–agar adalah ….
18. Penghasil mutiara adalah ….
19. Cacing berambut adalah ….
20. Mamalia berkantung adalah ….
C. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat!
1. Samakah bagian–bagian sel hewan dan tumbuhan? Jelaskan!
2. Apa yang dimaksud jaringan dan sebutkan contohnya!
3. Apa hubungan antara sel dengan organisme?
4. Sebutkan organ yang menyusun sistem pencernaan makanan!
5. Tulis urutan organisasi kehidupan!
6. Jelaskan fungsi pembuluh floem!
7. Sebutkan organ yang ada pada tumbuhan!
8. Jelaskan fungsi bunga dan akar!
9. Jelaskan apa yang akan terjadi bila salah satu organ dalam sistem percernaan terganggu?
10. Tuliskan organ–organ dalam sistem pengangkutan tumbuhan!
11. Sebutkan urutan takson pada tumbuhan dari tinggi ke rendah!
12. Tuliskan 3 aturan klasifikasi sistem binomial nomenklatur!
13. Sebutkan 2 perbedaan tumbuhan biji terbuka dan tumbuhan biji tertutup!
14. Sebutkan 3 ciri-ciri serangga!
15. Jelaskan pengertian hewan berdarah dingin dan beri contohnya!
16. Tuliskan perbedaan pergiliran keturunan pada lumut dan paku!
17. Apa yang dimaksud tumbuhan biji tertutup!
18. Jelaskan cara pembuahan pada ikan!
19. Sebutkan perbedaan tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil!
20. Sebutkan manfaat tumbuhan biji terbuka!

PERSAMAAN GARIS SINGGUNG KURVA



A. Jika berbicara tentang PERSAMAAN GARIS, maka itu artinya anda diminta utk menentukan :
1. GRADIEN (m).
Gradien dalam persamaan garis singgung kurva adalah m = f ‘(x) (turunan pertama kurva), untuk x = x titik singgung.
2.TITIK YANG DILALUI KURVA. Titik singgung antara kurva dan garis (misal : (x1, y1)) sudah tentu merupakan titik yang dilalui kurva.
B. Tentukan persamaan garis dengan menggunakan rumusan :
y – y1 = m(x – x1)
C. HUBUNGAN 2 GARIS. Jika dalam soal disebutkan hubungan antara garis singgung dengan garis yang lain, maka :
1.Jika garis singgung tersebut disebut sejajar dgn sebuah garis yang lain, maka m1 = m2.
2.Jika garis singgung tersebut disebut tegak lurus dengan sebuah garis yang lain, maka m1.m2 = -1.
Lalu bagaimana menentukan m2 (gradien garis yang lain tersebut) ? Maka :
*Jika garis tersebut dituliskan sebagai AX + BY + C = 0, maka m2 = -A/B.
*Jika garis tersebut disebut melalui dua buah titik (x1, y1) dan (x2, y2), maka m2 = (y2 – y1)/(x2 – x1).
Dengan kata lain, f ‘(x) = -A/B atau f ‘(x) = (y2 – y1)/(x2 – x1). Tergantung bagaimana garis kedua dinyatakan dalam soal.
Mari bermain dengan contoh soal :
Persamaan garis singgung pada kurva y = x^2 + 2x – 1 yang sejajar dengan garis 6x + 3y – 1 = 0 adalah? (x^2 dibaca X kuadrat atau X pangkat dua)
Pertama : APA YANG DIMINTA DALAM SOAL?
Yup! Tentukan persamaan garis singgung! (lihat point A!)
Artinya anda harus mencari gradien (m) dan titik yang dilalui (titik singgung).
# m = f ‘(x) = 2x + 2
# Perhatikan bahwa garis singgung disebutkan sejajar dengan garis 6x + 3y – 1 = 0, artinya :
f ‘(x) = -A/B (lihat point C), yaitu : 2x + 2 = -6/3
2x + 2 = -2
2x = -4
x = -2 ( x ini adalah x titik singgung! Karena di peroleh dari gradien!)
Maka misi kita berikutnya tentukan y = berapa?
Karena garis menyinggung kurva y = x^2 + 2x – 1, sehingga :
y = -2^2 + 2.-2 – 1 (-2^2 artinya -2 dikuadratkan)
y = 4 – 4 – 1
y = -1 ( y ini adalah y titik singgung! Karena diperoleh dari x titik singgung, yaitu x = -2)
Sekarang kita telah temukan koordinat titik singgung (lihat point A.2 diatas) yaitu (-2, -1).
Ups! Kita belum temukan nilai gradien (m)!!
Lihat point A.1 diatas!
m = f ‘(x) = 2x + 2.
x = -2 ( x titik singgung), maka
m = 2.-2 + 2
m = -2!
Sekarang apa??
Yup! Tentukanlah persamaan garis singgung tersebut dengan menggunakan rumus pada point B!
Titik singgung (x1, y1) = (-2, -1)
Gradien m = -2
y + 1 = -2(x + 2)
y = -2x – 5, atau
2x + y + 5 = 0!

Download Soal Ujian Nasional Matematika SMA Terlengkap. Berikut ini adalah link untuk membuka atau download file Bank Soal Ujian Nasional Matematika SMA, File tersebut kami upload di beberapa tempat Berbeda yaitu : Napdrive, 4shared dan Ziddu, Jika sobat mengalami kegagalan dalam mengakses salah satu link, sobat bisa menggunakan link yang lainnya, Silahkan klik link dibawah ini untuk membuka file soal Ujian Nasional Matematika SMA atau download file Kumpulan Soal Ujian Matematika SMA, Semoga bermanfaat untuk bahan belajar,...

  1. Soal Ujian Nasional Matematika IPA 2009 Klik Disini ]>>
  2. Soal Ujian Nasional Matematika IPS 2009 Klik Disini ]>>
  3. Soal Ujian Nasional Matematika IPA 2008 Klik Disini ]>>
  4. Soal Ujian Nasional Matematika IPS 2008 Klik Disini ]>>
  5. Soal Ujian Nasional Matematika IPA 2007 Klik Disini ]>>
  6. Soal Kisi - kisi UAN Matematika IPA 2009 Klik Disini ]>>
  7. Soal Ujian Nasional Matematika IPA 2010 Klik Disini ]>>
  8. Soal Ujian Nasional Matematika IPS 2010 Klik Disini ]>>
  9. Soal Ujian Nasional Matematika IPA 2011 Klik Disini ]>>
  10. Soal Ujian Nasional Matematika IPS 2011 Klik Disini ]>>
  11. Soal Ujian Nasional Matematika IPS/IPS 2012 Klik Disini ]>>
  1. Download Materi Soal Deret ]>>
  2. Download Materi Soal Dimensi Tiga ]>>
  3. Download Materi Soal Eksponen & Logaritma ]>>
  4. Download Materi Soal Fungsi & Fungsi Invers ]>>
  5. Download Materi Soal Integral ]>>
  6. Download Materi Soal Limit ]>>
  7. Download Materi Soal Lingkaran ]>>
  8. Download Materi Soal Logika Matematika ]>>
  9. Download Materi Soal Matriks ]>>
  10. Download Materi Soal Peluang ]>>
  11. Download Materi Soal Persamaan & Fungsi Kuadrat ]>>
  12. Download Materi Soal Persamaan Linier ]>>
  13. Download Materi Soal Program Linier ]>>
  14. Download Materi Soal Statistika ]>>
  15. Download Materi Soal Suku Banyak ]>>
  16. Download Materi Soal Transformasi Geometri ]>>
  17. Download Materi Soal Trigonometri ]>>
  18. Download Materi Soal Turunan ]>>
  19. Download Materi Soal Vektor ]>>
  1. Pembahasan Peluang ]>>
  2. Pembahasan Luas dan Volume ( Integral ) ]>>
  3. Pembahasan Teknik Pengintegralan ]>>
  4. Pembahasan Suku Banyak ]>>
  5. Pembahasan Statistika ]>>
  6. Pembahasan Lingkaran ]>>
  7. Pembahasan Eksponen dan Logaritma ]>>
  1. Soal SNMPTN 2009 ]>>
  2. Soal SNMPTN UMB 2009 ]>>
  3. Soal SNMPTN Peluang dan Statistika ]>>
  4. Soal SNMPTN Pertidaksamaan ]>>
  5. Soal SNMPTN Trigonometri ]>>
  6. Soal SNMPTN Differensial ]>>
  7. Soal SNMPTN Deret ]>>
  8. Soal SNMPTN Limit ]>>

Kumpulan Soal Latihan UN SD

Berikut ini kumpulan prediksi soal Ujian Nasional tahun 2013, baik untuk digunakan latihan siswa-siswi kita menghadapi berbagai bentuk soal UN 2013.



Download Soal Try Out UN SD/MI Tahun 2013

Try Out (TO) adalah kegiatan uji coba untuk mempersiapkan siswa menghadapi Ujian Nasional (UN).

Bagi Bapak Ibu yang ingin mendapatkan soal-soal untuk latihan atau try out UN SD/MI, bisa mendownloadnya di tautan berikut ini. File-file Soal UN tersebut tersimpan di Ziddu. Soal-soal ini termasuk baru, yaitu untuk try out UN tahun pelajaran 2012/2013.

Download Soal Try Out 2 Bahasa Indonesia UN 2013
Download Soal Try Out 1 Matematika UN 2013
Download Soal Try Out 4 Matematika UN 2013
Download Soal Try Out 1 IPA UN 2013
Download Soal Try Out 4 IPA UN 2013

Menentukan Watak Tokoh Novel | UN Bahasa Indonesia

Terdapat beberapa cara pengarang di dalam menggambarkan watak seorang tokoh:
a. pemberitahuan langsung oleh pengarang,
b. penceritaan melalui tokoh lain,
c. tingkah laku tokoh,
d. dialog tokoh itu sendiri,
e. jalan pikiran tokoh,
f. penampilan fisik tokoh, dan
g. lingkungan tokoh.

Contoh Soal Menentukan Watak Tokoh Novel
Bacalah dengan saksama kutipan novel berikut!
       A Kiong kembali merogoh sesuatu dari dalam koper dan segera menyerahkan kunir seukuran ibu jari. Tanpa banyak cingcong, Mahar memotong kunir dan dengan gerakan sangat cepat tak sempat kuhindari ia menggerus kunir itu di keningku, melukis tanda silang yang besar. Maka, terpampanglah di keningku huruf X berwarna kuning. Lalu, seperti telah sama-sama paham prosedur berikutnya, tanpa dikomando, A Kiong mengambil dahan-dahan beluntas dari dalam koper, melemparkannya kepada Mahar yang menyambutnya dengan tangkas dan langsung menampar-namparkan daun-daun itu ke sekujur tubuhku. Sementara Mahar mengibas-ngibaskan daun beluntas dengan beringas, A Kiong serta-merta menyembur-nyemburkan air ke seluruh tubuhku-termasuk wajah-melalui alat penyemprot bunga sehingga yang terjadi adalah sebuah kekacauan. ...
(Laskar Pelangi, Andrea Hirata)

Bahwa tokoh Mahar seorang yang gesit, tidak mengenal belas kasih, dan percaya pada hal-hal gaib dideskripsikan melalui ....
A. pikiran tokoh
B. tindakan tokoh
C. bentuk fisik tokoh
D. lingkungan tokoh
E. uraian langsung tokoh

Pembahasan
Tokoh Mahar yang gesit tampak dari tindakan atau perilaku tokoh, sebagaimana yang tergambar di dalam kalimat (2), (4), dan (5).
Jawaban: B