Jumat, 11 Mei 2012

Pendekatan belajar aktif


Metode ini telah dirintis secara serius oleh Balitbang Depdiknas sejak tahun1979 dengan proyek yang dikenal sebagai Proyek Supervisi dan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) Cianjur, Jawa Barat. Hasil-hasil proyek ini kemudian direplikasi di sejumlah daerah dan disebarkan melalui penataran guru ke seluruh Indonesia. Upaya yang dimulaipada tingkat sekolah dasar ini kemudian mendorong penerapan pendekatan belajar aktif ditingkat sekolah menengah. Hasil-hasil upaya ini secara bertahap kemudian diintegrasikan ke dalam Kurikulum 1984, Kurikulum 1994, dan Kurikulum Berbasis Kompetensi tahun2004, yang dilanjutkan dengan Standar Isi yang lebih dikenal dengan istilah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun 2006.

segi dokumen, muatan kurikulum yang berlaku saat ini telah memuat gagasangagasanbelajar aktif untuk menumbuhkembangkan beragam kompetensi dalam diri peserta didik. Pendekatan yang dituntut dalam implementasi kurikulum ini pun adalah pendekatan belajar aktif. Secara umum dapatlah dikatakan bahwa pendekatan ini telah diterapkan pada sejumlah sekolah, namun secara keseluruhan realisasi pendekatan ini belum memenuhi harapan. Karena itu, pendekatan ini perlu didorong dan digalakkandengan melibatkan berbagai stakeholders, yaitu para guru, kepala sekolah, pengawas, Tim Pengembang Kurikulum (TPK) provinsi/kabupaten/kota dan pengambil keputusan pada tingkat dinas pendidikan kabupaten/kota dan provinsi hingga ke tingkat unit-unit utama pusat.Upaya ini penting dan strategis guna mendidik peserta didik kita agar mampu berpikir dan bertindak secara kreatif. Selain itu, yang tak kalah pentingnya adalah harapan bahwa implementasi pendekatan belajar aktif akan mendorong tumbuh kembangnya kreativitas dan semangat kewirausahaan, sekaligus mendorong cita-cita pendidikan budaya dan karakter bangsa di arena pendidikan di tanah air. Tujuan ini akan berhasil dicapai jika para pendidik menitik beratkan motivasi belajar dalam diri peserta didik.

Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah masalah pembelajaran.Pendekatan pembelajaran yang seyogianya diterapkan adalah pendekatan yang memotivasi peserta didik agar dapat belajar bagaimana belajar. Namun, para guru tidak akan mampu melaksanakan tugas seperti yang diharapkan jika mereka tidak dilatih mempraktikkan pendekatan belajar aktif. Sehubungan dengan niat itu, implementasi belajar aktif tidak akan kokoh dan tidak akan mampu bertahan jika tidak diterapkan manajemen berbasis sekolah yang andal. Karena itu, gagasan pendekatan belajar aktif hendaknya selalu dikaitkan dengan pembinaan manajemen berbasis sekolah (MBS).Buku ini disusun oleh Balitbang Diknas sebagai pedoman yang dapat dipakai untuk membina para guru, kepala sekolah, pengawas dan TPK serta komponen unit utama terkait melalui beragam cara, seperti training of trainers (TOT), penataran, kegiatan KKG danMGMP, inhouse training (pendampingan), studi banding, dan magang.

Untuk Para Pendidik yang mau bukunya bisa download Buku Panduan Pengembangan Pendekatan Belajar Aktif
Dikutip dari buku : Panduan Pengembangan Pendekatan Belajar Aktif KEMDIKNAS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar