Senin, 22 Oktober 2012

Simulasi Difraksi Cahaya Pada Celah Tunggal


Simulasi tidak hanya berbicara mengenai rumus yang sudah paten, namun lebih ke arah bagaimana rumus dasar tersebut berjalan pada suatu proses simulasi. Difraksi cahaya pada celah tunggal merupakan salah satu contoh simulasi. Apabila cahaya melewati suatu celah sempit, maka akan mengalami peristiwa difraksi. Difraksi merupakan proses pembelokan arah rambat cahaya atau deviasi perambatan cahaya. Berkas-berkas cahaya yang melewati celah tunggal, akan dibelokkan dengan sudut tertentu (Ѳ). Berikut merupakan gambar berkas cahaya masuk pada celah tunggal :
 
Cahaya yang memasuki suatu celah terdiri dari berkas-berkas cahaya. Setiap bagian celah berfungsi sebagai sumber gelombang sehingga cahaya dari bagian celah dapat mengalami superposisi pada suatu titik y pada layar dengan gelombang cahaya yang lainnya. Hal ini akan menghasilkan pola difraksi celah tunggal seperti pada gambar di bawah :
 
Fresnel mendefinisikan difraksi sebagai interferensi gelombang dengan persamaan berikut :
d sin Ѳ = n λ

dimana d adalah jarak antara dua sumber muka gelombang, θ adalah sudut yang dibentuk antara fraksi muka gelombang urutan ke-n dengan sumbu normal muka gelombang fraksi mula-mula yang mempunyai urutan maksimum n = 0.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar