Google+ Followers

Rabu, 27 Februari 2013

Tujuan Negara Menurut Plato

Tujuan Negara Menurut Plato – Tugas utama negara sebagaimana yang diharapkan oleh Plato, adalah untuk mengarahkan kehidupan manusia agar memperoleh kebahagiaan. Tujuan negara bukanlah untuk kebaikan individu atau kelas tertentu melainkan untuk kebaikan dan kesejahteraan umum.
Plato terus-menerus mempertanyakan “tujuan kita bukanlah menegakkan ketidakseimbangan kebahagiaan kelas tertentu, melainkan demi kebahagiaan buat semua.” Karena urusan ahli fisik adalah untuk kebaikan pasien, maka sasaran penguasa adalah kesejahteraan rakyat.
Pada keseluruhan karya-karya Plato, rakyat dan kebaikan negara tampak sebagai jurusan koisidental. Dia bisa memahami mengenai tidak adanya situasi di mana kepentingan subyek berseberangan (konflik) dengan kepentingan negara. Dia merasa bahwa konflik hanya akan muncul dalam kasus penguasa yang di sini Plato menyebutnya sebagai upaya perlindungan yang kaku.
Tujuan Negara Menurut Plato menyatakan bahwa Negara bertujuan untuk memajukan kesusilaan manusia sebagai individu dan sebagai makhluk sosial.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar