Minggu, 29 April 2012

Jalur Rekomendasi dan RSBI, Pengaduan PSB Dibuka

SURABAYA-Siswa dari luar kota yang ingin mendaftar ke sekolah RSBI di Surabaya harus lebih bersabar menjalani proses pendaftaran PSB online. Sedikit lebih rumit dari proses pendaftaran melalui jalur reguler, mereka harus melalui jalur khusus yang mewajibkan mengikuti tes.
Jika ingin mempersiapkan diri mendaftar ke sekolah negeri lain, siswa dari luar kota yang ingin diterima di RSBI harus menjalani pendaftaran melalui dua jalur sekaligus, jalur rekomendasi dan jalur RSBI.
“Saya masih ragu-ragu alur mana yang saya pakai, karena jadwalnya hampir bersamaan,” ujar Edi Purnomo, warga Permata Suci Gresik yang akan mendaftarkan anaknya dari SDN II Sukomulyo Gresik) ke SMPN 1 Surabaya. Edi menanyakan apakah anaknya harus menjalani jalur pendaftaran RSBI langsung atau tetap mendaftar jalur rekomendasi dulu baru mendaftar jalur RSBI.
Ketua PSB Online Surabaya 2009 Ruddy Winarko mengatakan, untuk memudahkan, sebaiknya siswa dari luar kota mendaftar dua-duanya (jalur rekomendasi dan RSBI), mengingat waktu pelaksanaannya hampir bersamaan. “Jadi, jika tidak lolos RSBI mereka masih bisa mengikuti pendaftaran regular,” terangnya.
Ruddy menambahkan, pendaftaran dalam dua jalur itu menjadi solusi terbaik bagi mereka yang masih berharap bisa mendaftar di sekolah negeri yang lain jika gagal diterima di sekolah RSBI. Tapi, jika siswa bersangkutan memang hanya ingin mendaftar di RSBI, ia bisa hanya mendaftar melalui jalur RSBI saja, tanpa mendaftar jalur rekomendasi.
Sekali lagi, ia juga mengingatkan, siswa yang mendaftar lewat dua jalur itu pendaftaran dua jalur itu siswa dari luar kota tidak perlu meributkan masalah PIN, mengingat tidak diperlukan PIN bagi pendaftar luar kota.
Untuk mengikuti jalur RSBI, siswa dari luar kota tinggal memilih submenu pendaftaran luar kota di menu RSBI dalam situs www.psbsby-online.net. Sedangkan untuk jalur rekomendasi tinggal masuk melalui menu rekomendasi dan memilih kategori kelompok yang sesuai. Informasi tentang prosedur alur pendaftaran, jadwal, dan langkah-langkah menjalani sistem pendaftaran RSBI dan rekomendasi sudah tersedia dalam situs.
Sementara itu guna mengakomodir keluhan dan masukan dari masyarakat terkait pendaftaran PSB online, Dindik menyediakan meja Pelayanan PSB di Kantor Dindik Surabaya sejak Selasa (3/6). Meja pelayanan itu khusus disediakan untuk membantu masyarakat, baik siswa maupun wali murid yang mendapat kesulitan dalam proses PSB online.
Selain pelayanan langsung di meja Pelayanan PSB, upaya membantu masyarakat yang mengalami kesulitan juga dilakukan dengan menyediakan menu ‘Forum PSB 2009′ di situs www.psbsby-online.net. Dalam menu itu siswa dan orangtua bisa menyampaikan masalah yang dihadapi terkait PSB online dan bisa mendapat jawaban langsung dari panitia PSB online di halaman situs yang sama.
“Hingga saat ini, pertanyaan atau masalah yang dihadapi kebanyakan masih terkait hal-hal yang mendasar. Tapi, itu tidak apa-apa, karena menujukkan sudah ada interaksi dari masyarakat,” ujar Ruddy.
Karena banyak masyarakat yang masih menanyakan hal-hal mendasar ia meminta masyarakat supaya lebih dulu menjelajah situs PSB online agar memperoleh banyak informasi. “Itu tandanya mereka belum buka-buka. Silakan masyarakat ‘jalan-jalan’ dulu di situs itu, semua informasi ada di sana,” ujarnya mengingatkan. (Surya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar