Rabu, 18 April 2012

Jurusan Teknik Fisika ITS

Awal berdirinya, Nopember 1965 jurusan ini merupakan bagian dari FIPIA ITS, sebagai Jurusan Fisika Teknik. Sejak 10 Nopember 1983 termasuk dalam Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITS dengan SK Dirjen Dikti RI No. 116/Dikti/Kep/1984.
Staf Pengajar Senior
  • Dr. Ir. Sekartedjo K., M.Sc.
    (Koord. Bidang Studi Rekayasa Optik dan Laser)
    Optoelektronik
  • Dr. Ir. Totok Soehartanto, DEA.
    Kontrol Automatik
  • Ir. Suwarso, M.Sc.
    (Kepala Lab. Rekayasa Energi dan Pengkondisian Lingkungan)
    Teknik Pengkondisian Lingkungan 
  • Ir. Agung Budiono, M.Eng.
    (Koord. Bidang Studi Rekayasa Bahan)
    Semikonduktor
  • Ir. Heru Setijono, M.Sc.
    (Kepala Lab. Rekayasa Optik dan Laser)
    Serat Optik dan Laser
  • Ir. Apriani Kusumawardhani, M.Sc.
    (Koord. Bidang Studi Rekayasa Instrumentasi)
    Pengolah Citra
  • Ir. Ya’umar, MT.
    (Ketua Jurusan)
    Kontrol Intelligent: Jaringan Syaraf Tiruan
  • Ir. Ali Musyafa’, M.Sc.
    (Kepala Lab. Rekayasa Instrumentasi)
    Instrumentasi Industri
  • Ir. Wiratno Argo A., M.Sc.
    (Sekretaris Jurusan)
    Akustik
  • Ir. Zulkifli A., M.Sc.
    (Kepala Lab. Rekayasa Bahan)
    Bahan semikonduktor
  • Ir Supriyanto, M.Sc.
    (Kepala Lab. Instrumen Gelas dan Mekanik)
    Instumentasi optik
  • Ir. Purwadi Agus D., M.Sc.
    (Kepala Lab. Simulasi dan Komputasi)
    Ilmu Komputer
  • Visi

    Teknik Fisika merupakan bidang unik yang akan berperan sebagai ujung tombak pengembangan teknologi.

    Misi

    Menyelenggarakan pengembangan dan pendidikan Bidang Teknik Fisika yang merupakan bidang ilmu yang bersifat keteknikan yang berbasis ilmu fisika yang luas dan kuat serta terpadu.

    Tujuan

    Program Pendidikan Teknik Fisika ditujukan untuk mempersiapkan tenaga yang memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam mengembangkan berbagai  teknologi dengan dasar ilmu fisika dan menjembatani antar disiplinnya. Oleh karena itu Jurusan Teknik Fisika menyiapkan tenaga-tenaga yang: 
    • Memiliki pemahaman konsep fisika yang  mendalam dengan dukungan matematika yang kuat, sehingga mampu mengembangkan diri lebih lanjut untuk dapat berperan dalam penerapan dan pengembangan teknologi.
    • Memiliki kemampuan untuk mewujudkan konsep-konsep fisika yang baru dalam bidang-bidang teknik serta menjembatani berbagai bidang teknik tersebut.


    Staf Akademik

    Didukung oleh 38 tenaga pengajar dengan kualifikasi: 2 orang Doktor, 29 Master (3 orang sedang menempuh Doktor), dan 7 Sarjana serta dibantu oleh 11 orang administrasi dan teknisi laboratorium.

    Bidang Studi
    1. Bidang Studi Rekayasa Instrumentasi 
      Bidang minat yang berhubungan dengan Perancangan, manufacturing dan pendayagunaan instrumentasi fisik atau sistem instrumentasi untuk kegiatan deteksi, observasi, pengukuran, kontrol automatik, komputasi & simulasi, komunikasi, sistem akuisisi data. 
    2. Bidang Studi Rekayasa Akustik Dan Fisika Bangunan 
      Bidang minat yang berhubungan dengan konsep dan karakteristik dari getaran, akustik, pencahayaan, serta dikembangkan dalam aplikasinya untuk mendapatkan kondisi yang nyaman dengan memenuhi persyaratan teknis di dalam maupun di luar ruangan. 
    3. Bidang Studi Rekayasa Bahan
      Bidang minat yang berhubungan langsung dengan rancang-bangun bahan, analisis kinerja bahan, serta  perekayasaan semikonduktor, superkonduktor, fotonik, sel surya, bahan keramik Transducer, bahan komposit ringan dan tahan panas, dan teknik pelapisan bahan.
    4. Bidang Studi Rekayasa Energi dan Pengkondisian Lingkungan 
      Bidang minat yang ditujukan untuk mencari teknologi dengan efisiensi konversi energi yang setinggi-tingginya. Sistem yang memakai energi dikaji, baik dari segi teknologi dan nilai ekonominya serta usaha-usaha preservasi dan konservasi energi.
    5. Bidang Studi Rekayasa Optika Dan Laser
      Bidang minat yang menyangkut studi tentang hakekat, fungsi dan peranan optika dalam perkembangan ilmu dan teknologi. Pengembangan teknologi laser baik pada aspek rancang bangun, karakterisasi, dan penerapannya juga merupakan bagian kegiatan dalam bidang Studi optika dan laser. 
    Laboratorium & Workshop
    1. Laboratorium Rekayasa Instrumentasi 
    2. Laboratorium Rekayasa Akustik dan Fisika Bangunan
    3. Laboratorium Rekayasa Bahan 
    4. Laboratorium Rekayasa Energi dan Pengkondisian Lingkungan
    5. Laboratorium Rekayasa Optika dan Laser 
    6. Laboratorium Pengukuran Fisis 
    7. Laboratorium Simulasi dan Komputasi 
    8. Laboratorium Mekanik dan Gelas
    9. Workshop Instrumentasi
      Sebagai laboratorium skala riil plan, dikembangkan instrumentasi dari hibah peralatan dari PT. Badak dan PT. Pupuk Kaltim.  


    Fasilitas

    Ruang baca, yang memiliki hampir 2000 judul buku, meliputi journal ilmiah nasional, regional serta internasional, majalah ilmiah, buku paket, handbook, laporan Kerja Praktek dan Tugas Akhir. Selain akses internet dan pelatihan tentang kapita selekta kelima Bidang Studi.

    Penelitian/Pelatihan

    Penelitian pada pengembangan kelima Bidang Studi. Selain itu traning pada instrumentasi elektronik, pneumatic, hidrolik, akustik, energi dan bahan. Pelayanan jasa yang lain, kalibrasi terhadap beberapa besaran fisis yaitu temperatur, tekanan, flow serta level.

    Kerjasama

    Penelitian instrumentasi industri di PT. Kertas Leces, PT. Badak, PT. Pupuk Kaltim, PT. Semen Tuban, PT. Petrokimia Gresik. Selain pelatihan instrumentasi kedokteran dengan RSU Dr. Sutomo, ATEM, BPFK dan kuliah tamu serta kunjungan secara berkala ke beberapa industri.

    Prospek Alumni

    Alumni tersebar dalam seluruh bidang baik instansi pemerintah dan swasta seperti: Departemen Pertambangan, Dalam Negeri, Pendidikan Nasional, BPPT, LIPI, PT. PAL, BBI, Caltex, Arco, Unilever, PT. Badak, PT. Telkom, PT. Pupuk Kaltim, Maspion, Pertamina dan lainnya.

    Informasi Lebih Lanjut
    Jurusan Teknik Fisika FTI ITS
    Kampus ITS Sukolilo - Surabaya 60111
    Tel. +62-031-5947188
    Fax. +62-031-5923626
    Email: tekfis@rad.net.id

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar