Rabu, 18 April 2012

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ITS

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) didirikan tahun 1988. PENS adalah satu-satunya politeknik yang mengkhususkan diri pada bidang teknik elektro.
Gedung Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Diploma III Politeknik Elektronika menawarkan perkuliahan selama 3 tahun penuh waktu termasuk Kerja praktek di dunia industri elektronika dan sejenis selama 4 minggu yang akan membantu mahasiswa untuk lebih meningkatkan kecakapannya.
Staf Pengajar Senior
  • Dr. Ir. Titon Dutono,M.Eng.
    (Direktur PENS)
    Speech Recognition, Computer Network
  • Dr. Ir. Muhammad Nuh,DEA.
    Biomedical Electronics, Control System
  • Dr. Ir. Dadet Pranadihanto, M.Sc.
    Face Recognition
  • Ir. Era Purwanto, M.Eng.
    Power electronics, Fuzzy Logic
  • Ir. Son Kuswadi
    Computational Intelligence Control
  • Ir. Endra Pitowarno
    Microprocessor, Robotics
  • Ir. Nonot Harsono, MT.
    (Ketua Jurusan Telekomunikasi)
    Communication Circuit and System
  • Ir, Yahya Chusna Arif, MT.
    (Ketua Jurusan Listrik)
    Industrial Power and Control
  • Ir. Anang Tjahjono, MT.
    Intelligent-Control for Industrial System
  • Ir. Tribudi Santoso, MT.
    Communication System
  • Selain itu PENS juga mengadakan pendidikan lanjut Diploma IV Politeknik bekerjasama dengan Jurusan Teknik Elektro ITB Bandung, yang sementara ini dikonsentrasikan untuk mencetak staf pengajar bagi Politeknik seluruh Indonesia.
    PENS memperoleh proyek hibah dari pemerintah Jepang untuk konstruksi bangunan dan peralatan pendidikan. Japan International Cooperation Agency (JICA) sebagai lembaga internasional di bawah Departemen Luar Negeri pemerintah Jepang telah ditunjuk untuk mengatur implementasi kerjasama teknik dari proyek tersebut.
    Kerjasama tersebut antara lain:
    • Mendatangkan tenaga ahli Jepang yang diambil dari tenaga pengajar National College of Technology, Universitas, dan Institut, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka panjang.
    • Pengiriman pendidikan lanjut di Jepang bagi tenaga pengajar PENS.
    • Pengadaan suku cadang dan peralatan tambahan bagi laboratorium.
    Jurusan & Program Studi
    1. Teknik Elektronika
    2. Teknik Listrik
    3. Teknik Telekomunikasi
    4. Teknologi Informasi
    Selain program reguler, PENS mengadakan Program Ekstensi yang diselenggarakan sore hari dengan program studi sama dengan reguler.
    Program Pendidikan
    Program pendidikan yang diselenggarakan adalah Program Diploma III dengan waktu tempuh 3 (tiga) tahun. Kurikulum disesuaikan dengan program link and match dengan komposisi program teori terapan dan praktek yaitu 60% : 40%.
    Mahasiswa dilibatkan dalam praktek yang cukup beragam, mulai dari penyelidikan sederhana rangkaian dan piranti elektronika pada tahun pertama hingga mempelajari sistem komunikasi satelit dan pengembangan sistem berbasis komputer yang kompleks di tahun akhir.
    Staf Pengajar
    Tenaga pengajar di lingkungan Politeknik Negeri Surabaya (PENS) berjumlah 68 orang dengan kualifikasi 3 orang doktor, 4 Master, dan lainnya sarjana serta didukung oleh beberapa teknisi ahli madya untuk laboratorium dan bengkel.
    Fasilitas
    Fasilitas yang tersedia adalah Pusat Suku Cadang, Pusat Perbaikan dan Perawatan, Pusat Kalibrasi, Perpustakaan, Ruang Kuliah Teater, Asrama Mahasiswa, Kantin, Bimbingan Kuliah & Karir, Klinik Kesehatan, dan Fasilitas Olah Raga.
    Selain itu terdapat fasilitas laboratorium antara lain seperangkat trainer PABX standar industri, Kamar kedap pantulan gelombang radio (Radio Anaechoic Chamber), demonstrator Komunikasi Serat Optik, Radar Laut, seperangkat Trainer Gelombang Pendek, Sistem Robotik Skala Lab dan Skala Industri, Trainer Sistem Mikroprosessor, Sistem Tenaga Listrik, Jaringan Komputer, Pelayanan Multimedia menggunakan IBM, OMRON work station, dan Macintosh, serta akses bebas internet selama 24 jam.
    Robot Contest
    Laboratorium dan Bengkel
    1. Laboratorium Komputer
    2. Laboratorium Komputer Lanjut
    3. Laboratorium Fisika
    4. Laboratorium Sistem Tenaga Listrik
    5. Laboratorium Elektronika Dasar
    6. Laboratorium Elektronika Terapan
    7. Laboratorium Elektronika Digital (dilengkapi dengan kamar gelap untuk pemrosesan PCB)
    8. Laboratorium Kontrol Automatik
    9. Laboratorium Taknik Gambar dan CAD
    10. Laboratorium Komunikasi Terapan
    11. Laboratorium Komunikasi Optik
    12. Laboratorium Rangkaian Listrik
    13. Laboratorium Gelombang Mikro
    14. Laboratorium Gelombang Radio (dilengkapi kamar gelap pantulan gelombang radio).
    15. Bengkel Elektromekanik
    Penelitian
    Tenaga pengajar PENS dan mahasiswa bekerja sama untuk melaksanakan penelitian terapan melalui kegiatan proyek akhir. Beberapa penelitian adalah sebagai berikut: Robot Micromouse, Printer Braille, Mobil Tenaga Surya, Kemampuan Kontrol Fuzzy, Kemampuan Sistem Informasi pada Percobaan Kolom Distilasi, Pengatur Antena, Kontrol Posisi Antena, Perlengkapan Biomedis, Model Pengenalan Instrumentasi, Computer Aided Design (CAD), Mikroprosessor berbasis Sistem Kontrol, Arsitektur Mikroprosessor, Elektronika Sistem Tenaga.
    Jasa & Pelatihan
    PENS menawarkan jasa-jasa kepada masyarakat dan industri, terutama bidang listrik dan elektronika. Tujuan utama dari penawaran jasa ini adalah untuk memberikan kesempatan pada dosen PENS untuk melayani kebutuhan, baik masyarakat maupun industri, sehingga dapat memberikan pengalaman industri pada staf PENS.
    Jasa-jasa utama yang diberikan oleh PENS antara lain: Pelatihan, Konsultasi, Survey, Perancangan, Supervisi, Pemeliharaan dan Perbaikan.
    Event dan Aktifitas
    1. Kontes Robot Keikutsertaan pertama kali pada tahun 1992, BIMA-1 memenangkan ide terbaik. Pada 1993, CARAKA Xh-1 masuk dalam empat besar setelah mengalahkan beberapa robot Jepang.
      Pada Kontes Robot I yang diselenggarakan PENS dengan menggunakan sistem kompetisi yang sama dengan Jepang, PENS memenangkan hampir seluruh hadiah termasuk Juara I dan Juara II juga Robot dengan Penampilan Terbaik disebut dengan STEPPING DANCER.
      Kontes Robot II, 5 Nopember 1999 yang diselenggarakan PENS dan disponsori oleh NHK, JICA (Japan International Cooperation Agency), serta beberapa industri dari Indonesia, yang diikuti oleh Mahasiswa dari berbagai Universitas dan Politeknik se-Indonesia. Pemenangnya mengikuti Kontes Robot Internasional di Fukushima, Jepang.

    2. Pelatihan Internasional PENS menyelenggarakan pelatihan internasional dalam bidang pendidikan teknik elektronika untuk staf pengajar politeknik/sekolah tinggi dan universitas seluruh Asia. Tahap pertama tahun 1993 - 1997, negara yang diundang adalah Brunei Darussalam, Thailand, Filipina, Malaysia, Laos dan Papua Nugini.
      Tahap keduanya akan dilaksanakan pada tahun 1998 hingga 2002. Negara yang diundang adalah Pakistan, Bangladesh, Nepal, Sri Lanka, Vietnam, Thailand, Malaysia, Laos dan Filipina. Pelatihan tersebut memberikan peserta kesempatan untuk meng-upgrade teknik-teknik, pengetahuan dan metodologi mengajar yang sesuai dalam bidang rekayasa elektronika.

    3. Sistem Penempatan Kerja PENS secara aktif menawarkan lulusannya ke berbagai perusahaan, memantau kemajuan lulusannya selama mereka bekerja dan mengevaluasi kemampuan mereka untuk memperbaiki PENS. Perusahaan yang membutuhkan mahasiswa PENS dapat menghubungi komite sistem penempatan kerja yang dipimpin oleh Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan.Proses penempatan kerja dapat dilaksanakan di kampus PENS maupun di luar kampus. Komite menyediakan seluruh fasilitas presentasi dan ujian seperti ruang teater berkapasitas 150 orang, overhead projector, video projector, LCD projector & sound system secara cuma-cuma, serta tim psikolog dan kesehatan bila diinginkan dengan biaya memadai.


    Informasi Lebih Lanjut
    Politeknik Elektronika Negeri Surabaya(PENS)
    Gedung Politeknik Elektronika
    Kampus ITS Sukolilo - Surabaya 60111
    Tel. +62-031-5947280, 5923618
    Fax. +62-031-5946114
    E-mail: pens@eepis-its.edu
    URL: http://www.eepis-its.edu

    1 komentar:

    1. Kalo tempat bimbel untuk masuk pens yg bagus dman ya min ? Tlong infonya ..

      BalasHapus