Rabu, 18 April 2012

Jurusan Teknik Perkapalan ITS

Jurusan Teknik Perkapalan didirikan tahun 1960 oleh SK. Menteri PDK No. 101250/UU tanggal 3 Desember pada saat ITS dinegerikan.

Kemudian berubah menjadi Fakultas Teknik Perkapalan dan sejak tahun 1982 menjadi Jurusan Teknik Perkapalan yang merupakan bagian dari Fakultas Teknologi Kelautan.
Staf Pengajar Senior
  • Ir. Djauhar Manfaat, M.Sc., Ph.D.
    (Ketua Jurusan)
    CAD/CAM, Computer Aided Ship Production
  • Ir. I Ketut Aria P.U., M.Sc., Ph.D.
    (Sekretaris Jurusan)
    Hidrodinamika
  • Ir. P. Eko Panunggal, PhD
    Struktur, Finite Element Method
  • Ir. Asjhar Imron, MSc., MSE., PED.
    CAD/CAM, Getaran Kapal
  • Ir. Sjarief Widjaja, PhD.
    Teknologi & Manajemen Produksi
  • Ir. Tri Achmadi, Ph.D.
    Teknik Transportasi Laut
  • Ir. Setijoprajudo, MSE.
    Kapal Ikan, Transportasi Laut
  • Ir. Budie Santosa, MT.
    Konstruksi dan Kekuatan
  • Ir. P. Adrianto, M.Sc.
    Konstruksi Kapal
  • Ir. Paulus Andrianto
    Konstruksi dan Kekuatan
  • Ir. M. Bakri
    Kapal Kayu
  • Digul Siswanto, MSc.
    Tahanan Kapal
  • Ir. Murdjianto, M.Eng.
    Hidrodinamika, Propulsion
  • Ir. Soeweify, M.Eng.
    Teknologi Las, Kelelahan & Kepecahan
  • Ir. Heri Supomo, MSc.
    Teknologi & Manajemen Produksi
  • Jurusan teknik perkapalan bertujuan untuk menghasilkan sarjana teknik perkapalan yang memiliki dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan profesional dalam bidang teknik perkapalan dengan memperhatikan juga segi ekonomi dan manajemen serta mampu beradaptasi dan mengembangkan diri dalam perkembangan ilmu dan teknologi baru terutama dalam bidangnya.
    Untuk menunjang kegiatan pendidikan dengan empat kelompok bidang keahlian, Jurusan Teknik Perkapalan dilengkapi dengan ruang referensi, studio ruang gambar, laboratorium dan bengkel.
    Staf Akademik

    Didukung oleh 34 orang staf pengajar dengan kualifikasi 6 orang Doktor, 8 Master, dan lainnya sarjana.

    Program Pendidikan

    Terdiri dari dua tahap pendidikan yaitu Tahap Persiapan dengan beban studi 36 SKS dan Tahap Sarjana sebanyak 108 SKS yang terbagi dalam 8 semester. dalam Tahap Persiapan dibekali mata kuliah dasar umum, mata kuliah dasar teknik, dan mata kuliah dasar khusus tentang Teknik Perkapalan. Pada tahap sarjana dibekali pengetahuan dasar umum, dasar khusus dan keahlian yang menjadi ciri pokok profesi teknik perkapalan serta tugas praktikum dan tugas perancangan. Pengerjaan Tugas akhir merupakan puncak program pendidikan yang dapat berupa tugas perancangan, tugas penelitian, atau pengkajian teoritis terhadap suatu masalah.

    Bidang Keahlian
    1. Perencanaan dan Transportasi Laut Meliputi masalah perencanaan berbagai jenis kapal dan optimisasi pemakaiannya.
    2. Hidrodinamika Meliputi masalah dan analisa bentuk badan kapal dan baling-baling yang efisien dari segi hidrodinamika
    3. Konstruksi dan kekuatan Meliputi masalah perencanaan dan analisa konstruksi, kekuatan dan getaran badan kapal
    4. Teknik Produksi Kapal Meliputi masalah perencanaan, pelaksanaan dan pengelolaan pembangunan dan reparasi badan kapal dan perencanaan galangan kapal.

    Laboratorium dan Studio
    1. Laboratorium Hidrodinamika Kapal Melaksanakan penelitian dan pengembangan yang terdiri atas bidang perkapalan maupun kelautan. Kegiatan yang dilakukan mencakup perhitungan tahanan kapal, effective horse power untuk kapal konvensional maupun kapal-kapal non-konvensional, penelitian gerak kapal & bangunan lepas pantai, serta pengukuran gaya akibat gelombang. Laboratorium ini mempunyai sebuah towing tank yang berukuran 50mx3mx1.8m dan dilengkapi dengan wave maker dan electronic data recorder.
    2. Laboratorium Produksi Kapal Dilengkapi dengan mesin-mesin las, baik manual maupun semi otomatis dan peralatan potong mekanik serta gas.
    3. Laboratorium Perencanaan dan Sistem Transportasi Memberikan pelayanan dan konsultasi, seperti mengadakan kursus/penataran untuk Perumpel dan Syah Bandar, konsultasi modifikasi bentuk, konstruksi dan sistem kapal, analisa ekonomis perencanaan kapal, dan analisa profil galangan kapal.
    4. Laboratorium Komputasi Fasilitas Komputer dengan PC stand alone yang terintegrasi dengan sebuah komputer server dalam satu jaringan. Dilengkapi dengan printer, plotter, serta perangkat lunak.
    5. Studio gambar Tersedia meja gambar dan peralatan khusus seperti mal kapal, strooklat serta ruangan yang relatif besar. Dapat digunakan sepanjang waktu, baik oleh mahasiswa maupun para dosen.

    Prospek Lulusan

    Lulusan yang diharapkan adalah mampu menguasai prinsip-prinsip perancangan kapal yang berkaitan dengan masalah struktur, dinamika, hidrodinamika, teknik produksi dan teknik komputasi serta menyiapkan lulusan agar dapat berkembang lebih lanjut sesuai dengan kemajuan teknologi.

    Informasi Lebih Lanjut
    Jurusan Teknik Perkapalan
    Gedung W Lantai II
    Kampus ITS Sukolilo - Surabaya 60111
    Tel. +62-031- 5947254
    Fax. +62-031- 5947254
    Email:

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar