Senin, 09 April 2012

Tiga PTN Indonesia Bertahan di 100 Terbaik Asia

MedanBisnis Semarang. Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Indonesia tetap berada dalam daftar 100 perguruan tinggi (PT) terbaik Asia dan masuk pula dalam kelompok 500 PT terbaik dunia versi Webometrics.
Menurut laporan pemeringkatan yang dikutip dari webometrics.com, Selasa kemarin, per Januari 2012, UGM menempati posisi 30, disusul ITB di urutan 33, dan UI peringkat 53.

Di jajaran PT elite dunia, menurut Webometrics, ketiga PTN tersebut juga masuk dalam kelompok 500 perguruan tinggi terbaik dunia, meskipun peringkatnya masih ratusan. UGM menempati posisi 249, disusul ITB (277), dan UI di urutan 365.

Sejak 2004, Webometrics melakukan pemeringkatan PT dan sampai kini tercatat sudah 20.300 PT di dunia yang diperingkat. Setahun dua kali (Januari dan Juli) Webometrics mengumumkan hasil pemeringkatannya.

Selama bertahun-tahun, UGM, ITB, dan UI masuk dalam daftar 100 PT terbaik Asia, setidaknya menurut versi Webometrics. Rektor Universitas Diponegoro Semarang, Prof Sudharto Prawata Hadi, mengatakan Undip sudah menegaskan komitmennya menjadi universitas berkelas dunia, karena itu akan terus berbenah diri untuk mencapai prestasi puncak.

Lima besar PT terbaik Asia didominasi Taiwan. Menurut Webometrics per Januari 2012, National Taiwan University berada di posisi puncak dengan posisi dunia di urutan ke-42. Posisi kedua diduduki Tokyo University dan berada di peringkat ke-46 dunia.

National Cheng Kung University Taiwan (3 dan 63), National Chiao Tung University (4 dan 72), dan Kyoto University (5 dan 77).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar