Rabu, 18 April 2012

Jurusan Desain Produk Industri

Mulai tahun 1986 pendidikan Strata 1 dalam bidang desain produk di ITS masih berupa ilmu minor, baru pada tahun 1997 berubah menjadi sebuah program studi bernama Desain Produk Industri.
Staf Pengajar Senior
  • Dr. Agus Windharto, DEA.
    (Ketua Program Studi)
    Ergonomi, Desain Produk
  • Ir. Kresno Sulasmono., MS.
    (Kepala Workshop Model dan Prototype)
    Desain Produk
  • Drs. R.P. Angger Orie, MA.Des.
    (Sekretaris Program Studi)
    Marketing Inovasi, Desain Produk
  • Ir. Bambang Iskadriawan, M.Eng.
    Metoda Riset
  • Drs. Taufik Hidayat, MT.
    Dasar Desain, Desain Mebel
  • Ir. Prasetyo Wahyudie, MT.
    Desain Eksposisi, Interior
  • Ir. Susi Budiastuti
    (Kepala Lab. Ergonomi)
    Ergonomi, Sosiologi Desain
  • Ir. Budiono, MS
    Ilmu Lingkungan
  • Drs. Bambang Irawan
    Estetika
  • Ir. R. Adi Wardoyo
    Teknik Presentasi
  • Bidang Studi
    1. Desain Produk Bidang rancang bangun produk fungsional untuk melayani manusia dan makhluk hidup dalam menjalankan berbagai aktivitas. Desain produk berkonsentrasi pada pemenuhan fungsi, estetika, penyelesaian masalah, dan motivasi yang berorientasi pada keserasian interaksi pengguna dan lingkungannya. Ruang lingkup desain produk meliputi rancang bangun peralatan/perlengkapan rumah tangga, medis, kantor, sports, komponen arsitektural, handicraft, alat transport, sarana perkotaan, dan lainnya.

    2. Desain Komunikasi Visual (grafis) Bidang rancang bangun sarana berkomunikasi secara visual untuk penyampaian pesan dan informasi melalui bahasa rupa untuk membantu meningkatkan efisiensi kerja dan apresiasi rupa di lingkungan masyarakat. Acuan dasar perancangannya adalah fungsi dan estetika dengan pertimbangan aspek marketing, sosial dan budaya, teknologi, ilustrasi, tata bahasa, dan lain-lain. Karya desain komunikasi visual secara bentuk dikategorikan menjadi bottom line, yaitu yang dinikmati dalam ruangan, upper-line yaitu yang dinikmati di ruang luar atau lingkungan. Karya grafis bottom line diantaranya paket stationary, kemasan (packaging), pariwara, pers (publishing), brosur (leaflet), ilustrasi, animasi, dan karya multimedia lainnya. Karya upper-line diantaranya poster, billboard, sign system, pariwara outdoor, banner, dan lainnya.

    3. Desain Interior. Bidang rancang bangun ruang, isi, dan lingkungannya yang berangkat dari fungsi estetika dan penyelesaian masalah serta berorientasi pada peningkatan kenyamanan, efisiensi, dan kualitas. Ruang lingkup profesinya adalah perancangan ruang, furniture, elemen estetik, pencahayaan, penghawaan, dan lain-lain. Studi yang perlu dipertimbangkan adalah pemahaman sosial dan budaya, penerapan teknologi, material dan proses, struktur dan konstruksi, utilitas dan sains bangunan, pranata bangunan, manajemen konstruksi, dan lainnya.

    Staf Akademik

    Didukung oleh 23 orang staf pengajar dengan kualifikasi 1 Doktor, 6 Master, dan 16 sarjana.

    Fasilitas
    1. Laboratorium Perancangan Produk
      Aktifitas pengembangan desain: drawing, analisis, modelling, rendering, animasi dan multimedia dengan bantuan komputer. Didukung oleh workstation 2 unit SGI 320 dan 10 PC PIII/500 dengan program aplikasi desain, seperti: Catia V5R2, Maya Animation, Alias Wavefront Auto Studio, Pro Engineer, Pro Designer, AutoCAD, Kinetix 3D max, Adobe, Macromedia Freehand, Mannequin Pro, dan Lightscape serta dilengkapi fasilitas multimedia dan fotografi.

    2. Laboratorium CAD
      Sarana proses belajar mengajar dengan 25 PC Station PII/400 secara interaktif antara mahasiswa dan instruktur dalam teori dan kerja mandiri aplikasi software: AutoCAD R14, Kinetix 3D max, Adobe Photoshop, CorelDraw, Macromedia Freehand dan Adobe Premiere.

    3. Laboratorium Ergonomi
      Sarana penelitian dan pendefinisian sikap, perilaku dan karakteristik manusia terhadap benda produk dan lingkungan kerja yang memenuhi persyaratan kenyamanan, keselamatan dan efisiensi. Fasilitas ini didukung oleh peralatan Anthropometry, Man-Machine Interface, Cognitive Ergonomy, Ergodesain, dan Human Centered Design.

    4. Workshop Model Mock-up dan Prototype
      Sarana kerja praktek untuk mewujudkan produk, prototip atau model yang ditunjang dengan peralatan/permesinan kayu, logam, dan polymer.

    5. Ruang Baca
      Ruang baca yang berisi berbagai referensi perkembangan desain, buku, jurnal, majalah, gambar desain, model 3 dimensi, contoh material dan katalog produk.

    6. Despro-Net
      Fasilitas akses internet untuk memenuhi kebutuhan informasi dan referensi secara mendunia.

    Kerjasama
    • PT. INKA (Industri Kereta Api)
    • PT. Telkom
    • PLN
    • PT. Barata Indonesia
    • Universitas Diponegoro Semarang
    • Universitas Brawijaya Malang
    • Industri-industri mebel dan perkayuan
    • Industri-industri kecil dan kerajinan
    • Departemen Perindustrian dan Perdagangan
    • Curtin University of Technology, School of Design, Western Australia.

    Prospek Alumni

    Lulusan dapat berkiprah secara profesional di dalam industri sebagai desainer, marketing, dan manajemen.

    Kualifikasi dan seleksi mahasiswa

    Ujian Masuk Program Studi Desain Produk ITS (UMDES-ITS) dilakukan tersendiri setelah pelaksanaan UMPTN. Syarat kemampuan yang harus dimiliki yaitu kreatif, berwawasan luas, mempunyai kepekaan bahasa visual dan memiliki kemampuan berpikir ruang.

    Informasi Lebih Lanjut
    Program Studi Desain Produk Industri
    Gedung H Lantai II
    Kampus ITS Sukolilo - Surabaya 60111
    Telp. +62-031-5931147, 5994252 ext. 1227 - 1228
    Fax. +62-031-5931147
    E-mail : dispro@its.ac.id

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar