Rabu, 18 April 2012

Jurusan Teknik Informatika ITS

Teknologi informasi dan telekomunikasi adalah salah satu industri yang paling cepat berkembang dan ekspamsinya menimbulkan kesempatan lapangan kerja yang luas dalam sektor manufaktur komputer dan perusahaan jasa, software house dan konsultasi IT
Staf Pengajar Senior
  • Ir. Supeno Djanali, M.Sc., Ph.D.
    (Kepala Laboratorium Arsitektur & Jaringan Komputer)
    Arsitektur Komputer, Sistem Waktu Nyata
  • Ir. Handayani Tjandrasa, M.Sc., Ph.D.
    (Kepala Laboratorium Komputing)
    Pengolahan Citra, Kecerdasan Buatan, Basis Data Spasial
  • Ir. Arif Djunaidy, M.Sc.,Ph.D.
    (Dekan FTIf))
    Basis Data Terdistribusi, Rekayasa Perangkat Lunak
  • Drs. Ir. Riyanarto Sarno, M.Sc., Ph.D.
    (Kepala Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak)
    Sistem Berbasis Pengetahuan, Rekayasa Perangkat Lunak
  • Ir. Esther Hanaya, M.Sc.
    Metode Formal, Teknik Kompilasi
  • Ir. Joko Lianto Buliali, M.Sc., Ph.D.
    (Kepala Laboratorium Pemrograman)
    Sistem Informasi, Sistem Berorientasi Objek
  • Ir. Oscar Mangisengi, M.Kom., Ph.D.
    Data Mining and Warehousing
  • Ir. M. Husni, M.Kom.
    (Pembantu Dekan II FTIf)
    Jaringan Komputer
  • Ir. Aris Tjahyanto, M.Kom.
    (Pembantu Dekan I dan III FTIf)
    Basis Data, Pemrograman Berbasis Web
  • Ir. F.X. Arunanto, M.Sc.
    Paralel Computing, Algorithm and Application
  • Agus Zaenal Arifin, S.Kom., M.Kom.
    (Ketua Jurusan Teknik Informatika)
  • Nanik Suciati, S.Kom., M.Kom.
    (Sekretaris Jurusan Teknik Informatika)
    Grafika Komputer, Pengolahan Citra
  • Ir. Khakim Ghozali
    (Ketua Program Studi Sistem Informasi)
  • Febrilian Samopa, S.Kom., M.Kom.
    (Sekretaris Program Studi Sistem Informasi)
  • Untuk menghadapi liberalisasi ekonomi dalam era globalisasi, perlu dipersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetisi dalam setiap aspek, khususnya bidang teknologi.
     
    Tujuan


    Menghasilkan sarjana yang mempunyai pengetahuan dasar keahlian yang luas agar mampu menggunakan komputer dalam berbagai bidang aplikasi, dan menguasai berbagai metoda dan teknik pemecahan masalah dengan menggunakan komputer. 
     
    Program Pendidikan

    Kurikulum Jurusan Teknik Informatika disusun atas dasar keseimbangan antara bagian hardware dengan software. Pada tahap persiapan diperkenalkan konsep dasar komputer, kaitannya dengan masyarakat serta cara pemrograman terstruktur, di samping mata kuliah matematika dan fisika yang merupakan dasar dari ilmu dan teknologi komputer. Di tahap Sarjana setiap mahasiswa mendapat kesempatan untuk memilih bidang keahlian yang dikehendaki, yang nantinya dicerminkan dalam tugas akhir mahasiswa yang bersangkutan. Disamping itu setiap mahasiswa diharuskan menempuh kerja praktek yang dilakukan sekali selama dua bulan. Dengan kerja praktek ini mahasiswa diharapkan dapat lebih mengetahui seluk beluk organisasi suatu perusahaan atau lembaga.

    Staf Akademik

    Didukung oleh 30 tenaga pengajar dengan kualifikasi 6 orang Doktor, 10 Master, selebihnya Sarjana.

    Bidang Studi

    1. Sistem Informasi Memberikan pengetahuan dan pengertian dasar tentang konsep dan kerangka sistem informasi, metodologi dan teknik perancangan, pengembangan, pengetesan dan pemeliharaan sistem perangkat lunak.
    2. Rekayasa Perangkat Lunak Memberikan pengetahuan dan ketrampilan tentang rekayasa perangkat lunak dan aplikasinya dalam bidang yang lebih luas., yang ditunjang oleh mata kuliah: Analisa dan Desain Obyek, Penyempurnaan Proses Rekayasa, Inspeksi Perangkat Lunak, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Basis Data Client Server.
    3. Komputing Memberikan pengetahuan dan kemampuan menganalisis permasalahan dalam ruang lingkup Komputasi, Komputasi Paralel, Sistem Terdistribusi, Teknologi Antar Jaringan.
    Laboratorium
    Sejumlah laboratorium telah didirikan dan dikembangkan di lingkungan Teknik Informatika, baik dengan bantuan luar maupun secara swadaya. Antara lain dari Bank Pengembangan Asia (ADB) meliputi: Server SUN Ultra 2 model 2170, Server Ultra Enterprise 450, Graphics Workstation HP9000 D230, HP Netserver LH II, sembilan puluh unit HP Desktop Computer plus dan peralatan lain.
    Selain itu juga perangkat lunak seperti HIPS for image processing , Matlab, ARC-Info, dan lain sebagainya.
    Laboratorium yang tersedia antara lain:
    1. Laboratorium Pemrograman. Menyediakan fasilitas komputer agar mahasiswa dapat menguasai bahasa pemrograman dan menggunakan software aplikasi, mengadakan pelatihan, dan kursus penggunaan software aplikasi yang berhubungan dengan disiplin ilmu informatika dan komputer serta aplikasi yang mendukung perkuliahan terutama yang berhubungan dengan jaringan global. Laboratorium ini digunakan juga untuk melayani praktikum perangkat lunak untuk Sistem Komputer dan Aplikasi Komputer.
    2. Laboratorium Arsitektur dan Jaringan Komputer. Laboratorium ini melayani praktikum Sistem Digital, Mikroprosesor, Arsitektur Komputer, Arsitektur Paralel, Komunikasi Data.
    3. Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak. Laboratorium ini melayani praktikum Rekayasa Peangkat Lunak, Perancangan Sistem Berbasis Objek, Manajemen Pengembangan Perangkat Lunak, Pemrograman Basis Data Client Server dan lain-lain.
    4. Laboratorium Sistem Informasi. Laboratorium ini melayani praktikum Basis Data, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Sistem Berbasis Pengetahuan, Sistem Informasi Geografis dan sebagainya.
    5. Laboratorium Komputing. Laboratorium ini melayani praktikum Sistem Pakar, Aplikasi Kecerdasan Buatan, Grafika Komputer, Pengolahan dan Analisa Citra, Pemrograman Berbasis Web, Pengenalan Pola dan Jaringan Saraf Tiruan.
    Fasilitas
    Perpustakaan (Ruang Baca) yang menyediakan sejumlah bahan pustaka seperti textbook, jurnal, majalah, dan lain-lain. Ruang baca ini diharapkan menjadi pusat belajar mandiri dan pusat pengembangan keilmuan. Selain itu juga tersedia fasilitas Studio Internet/Intranet.
    Informasi Lebih Lanjut
    Jurusan Teknik Informatika
    Gedung Teknik Informatika ITS
    Kampus ITS, Sukolilo-Surabaya 60111
    Telp. +62-031- 5922949, 5939214
    Fax. +62-031-5939363
    E-mail: arif@its-sby.edu, husni@its-sby.edu
    URL: http://www.tc.its-sby.edu

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar