Rabu, 18 April 2012

Seputar Jurusan Kesehatan Masyarakat Unair

Program pendidikan Sarjana Kesehatan Masyarakat Unair dimulai dari Fakultas Kedokteran Unair Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Studi Kesehatan Masyarakat (S1) dibuka pada tahun 1984, berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdikbud RI No. 117/DIKTI/Kep/1984 tanggal 24 September 1984. Jabatan Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat FK Unair pertama adalah Prof.dr. Sabdoadi, MPH (tahun 1984 s.d 1991) kemudian oleh Prof.dr. Soeprapto As., DPH (tahun 1991 s.d 1994).

Pada awal berdirinya tahun 1984, Program Studi Kesehatan Masyarakat (S1) hanya dapat menerima mahasiswa dari lulusan So (lulusan D3 kesehatan linier) dan telah bekerja minimal 2 tahun, dari tiga akademi yang berada dibawah Departemen Kesehatan yaitu
Akademi Gizi,
Akademi Perawat, dan
Akademi Penilik Kesehatan / Akademi Kesehatan Lingkungan.
Selanjutnya untuk meningkatkan daya tampung dan upaya peningkatan pendidikan, maka Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair menerima juga lulusan program DIII Higiene Perusahaan dan Keselamatan Kerja serta akademi bidang kesehatan non linier (Akademi Anestesi, Akademi Kebidanan, Akademi Refraksionis/Optisian, Radiologi, Teknik Kesehatan Gigi, Fisioterapi dan Analis Medis) dan memiliki sertifikat pra-program yang diselenggarakan FKM Unair. Para mahasiswa tersebut akan dididik menjadi SKM dalam jangka waktu 4 semester (2 tahun).

Pembukaan Program Studi Kesehatan Masyarakat (S1) saat itu dapat diizinkan dengan syarat harus menerima lulusan SMU, oleh karena itu maka pada tahun 1985, Program Studi Kesehatan Masyarakat (S1) FK Unair mulai menerima mahasiswa asal SMU, yaitu melalui seleksi UMPTN, di samping juga masih menerima mahasiswa asal S0 melalui seleksi khusus, yang merupakan kerjasama 5 FKM di Indonesia, yaitu FKM Universitas Sumatera Utara di Medan, FKM Universitas Indonesia di Jakarta, FKM Universitas Diponegoro di Semarang, FKM Universitas Airlangga di Surabaya dan FKM Universitas Hasanuddin di Makasar.

FKM Unair resmi berdiri setelah diterbitkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 0372/O/1993 tanggal 21 Oktober 1993 jo. No. 70539/A6.1/U/1993 tentang Pembukaan Fakultas Kesehatan Masyarakat serta Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Tahun 1995, tepatnya tanggal 9 September 1995 gedung FKM Unair diresmikan penggunaannya oleh Rektor Unair Prof.dr. H. Bambang Rahino Setokoesoemo dengan luas tanah 18.947.930 M? luas bangunan 11.695.551 M? (3 lantai) di Kampus C Mulyorejo Surabaya (sebelumnya menggunakan gedung BNS di lingkungan FK Unair Kampus A Jl. Mayjen Prof.Dr. Moestopo). Dekan FKM Unair yang pernah menjabat :
Prof.Dr.dr. Hj. Rika Subarniati, SKM, tahun 1994 s.d 1997 serta 1997 s.d 2000
Prof.Dr.dr. H. Tjipto Suwandi, MOH, tahun 2000 s.d 2003 serta 2003 s.d 2007
Prof.Dr.dr.H.J. Mukono, MS., MPH, tahun 2007 s.d sekarang

Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Depdikbud RI No. 001/BAN-PT/Ak-1/VIII/1998, tanggal 11 Agustus 1998 tentang Hasil dan peringkat akreditasi program studi untuk program sarjana di Perguruan Tinggi dinyatakan bahwa Program Studi (S1) Kesehatan Masyarakat FKM Unair terakreditasi dengan peringkat A. Kenyataan ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi FKM Unair. Program Studi yang berperingkat A dan B wajib dievaluasi ulang paling lambat 5 tahun terhitung mulai penetapan akreditasi. Setelah dievaluasi ulang maka berdasarkan keputusan BAN-PT Depdiknas RI No. 022/BAN-PT/Ak-VIII/S1/VI/2004 tanggal 17 Juni 2004 perihal hasil dan peringkat akreditasi Program Studi (S1) Kesehatan Masyarakat FKM Unair terakreditasi dengan peringkat B.
Visi
Menjadikan Fakultas kesehatan Masyarakat sebagai fakultas terkemuka yang menghasilkan lulusan yang proaktif, inovatif dan profesional dalam menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat di tingkat lokal, nasional dan internasional berdasarkan moral agama.
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan akademik, vokasional, dan profesi yang berbasis teknologi pembelajaran modern.
2. Melaksanakan pendidikan yang berkualitas berdasarkan konsep evidence based learning process dengan metode yang menunjang Life Skill Education.
3. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang kesehatan masyarakat (di bidang Gizi Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Lingkungan, Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Epidemiologi, Biostatistika dan Kependudukan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku) baik di tingkat lokal, nasional dan internasional.
4. Melaksanakan pengelolaan pendidikan dengan RAISE Plus (Relevancy, Academic Atmosphere, Internal Management and Organization, Sustainability, Efficiency and Productivity) Plus Leadership, Access and Equity.
5. Membangun kemitraan dan jejaring dengan industri, profesi, pemerintah dan organisasi nasional dan internasional.

AKREDITASI FAKULTAS


Akreditasi A

INFORMASI BEASISWA


Beasiswa Terbaru
Djarum Bakti Pendidikan
Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa
Beasiswa Peningkatan Potensi Akademik
Pertamina YKPP
Beasiswa Supersemar
Yayasan Bank Mayapada
Beasiswa Bank Indonesia
Beasiswa PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk.

FASILITAS


Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Fakultas
Untuk mendukung kelancaran kegiatan belajar mengajar, FKM dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti:
Tempat Kuliah
Tempat kuliah Full AC dan menggunakan metode pembelajaran modern. Praktika diselenggarakan di Fakultas Kesehatan masyarakat Universitas Airlangga dan Institusi Mitra Kerja.
Perpustakaan
Koleksi Rujukan FKM Universitas Airlangga yang menyediakan bahan-bahan pustaka (referensi) yang bias dimanfaatkan oleh mahasiswa sebagai penunjang proses belajar-mengajar. Koleksi rujukan Universitas Airlangga secara lengkap dikoleksi di UPT. Perpustakaan Universitas Airlangga (di kampus A, B, dan C Unair). Di samping itu mahasiswa juga dianjurkan menggunakan perpustakaan instansi rujukan antara lain Perpustakaan P4K, Perpustakaan BKKBN, Perpustakaan Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur, Perpustakaan BPS dan Perpustakaan institusi terkait lainnya, dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing perpustakaan.
Laboratorium Komunitas
Laboratorium Bidang Minat
Lab. Epidemiologi
Lab. Kesehatan Lingkungan
Lab. Higiene Perusahaan, Kesehatan Kerja, dan Keselamatan Kerja (HIPERKES)
Lab. Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Lab. Komputasi
Lab. Gizi Masyarakat
Studio AVA (Audio Visual Aid)
Wi-Fi (Wireless Fidelity) area di lingkungan FKM UNAIR
Musholla Nurul Afiah dan Kantin Pujasera
Gazebo, wartel, koperasi, percetakan dan fotocopy
Fasilitas Olahraga
Bus kampus (Flash), yang disiapkan oleh Universitas menghubungkan kampus A, B dan C

Program Studi


Nama Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Akreditasi : C Jenjang Pendidikan :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :

10 komentar:

  1. terakhir pendaftaran buat transfer dari D3 kebidanan ke S1 KesMas kpn?

    BalasHapus
  2. saya siswi SMA yang ingin sekali masuk FKMUNAIR , tapi saya masih bingung harus masuk D3 dulu atau langsung ke S1 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya dalam memilih jurusan jangan bingung. fokus dan yakinkan diri pada jurusan yang kamu inginkan. Dari segi waktu dan biaya pilihan S1 FKM lebih baik. sedang jalur D3 unggul di pengalaman selama praktek.

      Hapus
  3. lulusan SMK jurusan tata boga bisa gk msuk Kesehatan Masyarakat ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja, kenapa tidak. ambil aja jurusan IPC pilihan IPA (FKM) dan pilihan IPS lainnya.

      Hapus
  4. lulusan SMA jurusan ips bisa ga msuk kesehatan masyarakat?

    BalasHapus
  5. kabarnya untuk tahun ini lulusan smk tata boga tidak bisa masuk akademi gizi, apa benar?

    BalasHapus
  6. saya lulusan D-III Rekam Medis Infokes mau mau melanjutkan S1 Kesmas di Unair. untuk kelas alih jenis kuliahnya semnggu berapa kali hari apa aja? trims b4 untk infonya

    BalasHapus
  7. jurusan ips bisa masuk FKM appa ngga kak??

    BalasHapus
  8. Dari d3 rekam medik apa bisa alih jenjang ke s1 kesehatan masyarakat?

    BalasHapus